.
test

slanzwang885

Media Infomasi di indonesia

jenis sego pecel
jenis sego pecel

Menurut pokermania88 kamu tentu pernah nyobain sego pecel kan? Makanan yang terdiri dari nasi yang ditumpuk dengan sayuran, lauk, kemudian diguyur sambel kacang inipaling populer sebagai di antara menu sarapan yang familiar di Jawa Timur. Kalau anda keliling di sekian banyak kota di Indonesia, tentu paling tidak kamu dapat menemukan satu warung yang memasarkan kuliner yang satu ini. Apalagi bila nyarinya di kota-kota pulau Jawa. Wah, seabrek deh pokoknya, tidak jarang kali ada!

Namun bila dicermati lebih lanjut, ada sejumlah kota yang mengklaim sebagai kota penghasil makanan ini, di antaranya Madiun, Ponorogo, Tulungagung, Kediri dan Nganjuk? Lalu yang bener yang mana nih?
Jawabannya, seluruh benar!

Karena cita rasa pecel di 5 kota tersebut mempunyai khas sendiri-sendiri.
Mau tahu perbedaannya nggak? Simak yuk, ulasannya di bawah ini!

1. Sego Pecel Madiun
Kalau dibilang pelopor barangkali benar, sebab orang Madiun lah yang kesatu mengenalkan sego pecel ke semua Indonesia. Bahan dasarnya ialah sayuran kangkung, kacang panjang, tauge, dan petai cina.

Ciri khas sego pecel Madiun ialah penyajiannya yakni dengan teknik dipincuk atau ditaruh di alas daun pisang yang telah dilipat. Yang pun membedakan pecel Madiun dengan pecel lainnya yaitu wewangian jeruk purut dan rasa bumbu pecel nya lumayan kuat. Biasanya pecel ini disantapbareng dengan peyek ebi atau peyek kacang, cocok selera kamu!

2. Sego Pecel Ponorogo
Nah, tetangga kota Madiun yaitu Ponorogo pun punya sego pecel yang khas, lho! Yang menarik dari sego pecel Ponorogo ialah adanya pelengkap sayur yang dinamakan trancam. Selain tersebut tauge yang dipakai bukan tauge biasa, tetapi tauge dari kedelai yang biasa dipakai sebagai pelengkap rawon.

Sambel kacang wilayah Ponorogo seringkali lebih pedas dari Pecel Madiun. Satu lagi, anda juga dapat mencicipi lauk lentho. Lentho ini diciptakan dari kacang, adonan tepung, parutan singkong, kunyit, bawang, cabe dan garam.
Bentuknya bulat berwarna kecokelatan dengan rasa gurih-gurih pedas.

3. Sego Pecel Tulungagung
Kota marmer satu ini pun punya pecel yang khas. Bagi sambel kacangnya lebih terdapat rasa manisnya namun pun tak meminimalisir rasa pedasnya.

Yang memisahkan lagi merupakan, sajian lauk pauknya seringkali hanya berupa tempe goreng dan terasi dele. Terasi dele ini bentuknya bulat kecil berwarna kecokelatan yang tercipta dari tempe, parutan singkong, daun bawang dan seledri. Rasanya nyaris sama laksana lentho, gurih-gurih pedas.

4. Sego Pecel Kediri
Kalau mampir ke Kediri, tidak boleh lewatkan kuliner yang satu ini ya. Pecel Kediri familiar banget dengan bumbu kacangnya yang nendang pun halus. Oh iya, pecel Kediri pun tingkat kepedasannya lumayan menantang loh.

Dengan memakai sambal tumpang yang tercipta dari tempe bosok yang dimasak dan dibaur bumbu lain laksana cabe, bawang dan garam membuatanda pecinta pedas bakal ketagihan! Walaupun menggunakan tempe bosok, tapi tidak boleh ilfeel dulu, sebab diproses secara aman dan masihdapat dimakan.

5. Sego Pecel Nganjuk
Sego pecel di Nganjuk pun punya varian yang unik, yaitu Sego Pecel Bledek. Bledek sendiri bila ditafsirkan dalam Bahasa Indonesia dengan kata lain petir. Mengapa disebut bledek? Karena rasanya yang pedassampai menggelegar di lidah. Pecinta masakan bumbu pedas mesti banget ‘menaklukkan’ kuliner yang satu ini.

Nah, dari kelima nasi pecel di atas yang mana nih yang telah pernah anda makan?
Menurut anda yang mana yang sangat enak? Hmm, jadi laper ya!

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *